Tips Aman Memakai Sepatu Berhak Tinggi

Tips Aman Memakai Sepatu Berhak Tinggi Sepatu hak tinggi memang akan membuat setiap wanita tampak lebih jenjang dengan postur yang terlihat ideal. Tapi, terlalu lama menggunakannya akan membuat kaki jadi lelah dan sakit. Banyak sekali wanita yang tidak akan bertahan menggunakan heels lebih dari dua jam. Lalu, bagaimanakah jika saat bekerja wanita wajib pakai sepatu high heels. Jika tak terbiasa memakai sepatu berhak tinggi atau heels memang terasa menyakitkan di kaki. Meski demikian banyak kaum hawa yang doyan pakai sepatu jenis ini, khususnya untuk acara-acara resmi. Selain terlihat anggun dan cantik, cewek yang memakai heels akan terlihat tinggi dan menawan di mata lawan jenis. 

Penggunaan sepatu hak tinggi yang nyaman, ukuran sepatunya pas, dan dipakai saat seperlunya saja. sebetulnya tidak akan menimbulkan bahaya apapun. Namun bila Anda sering menggunakan high heels dengan posisi atau model sepatu yang salah, ini bisa menimbulkan masalah. Pemakaian high heels bisa meningkatkan risiko Anda untuk mengalami bunion. Bunion adalah sebuah kondisi  munculnya benjolan bertulang yang terbentuk di dasar persendian jempol kaki. Benjolan ini adalah disebabkan karena tulang yang terbentuk saat jempol kaki bersandar malah menekan jari telunjuk disebelahnya. Bergesernya posisi jempol kaki ini kemudian memaksa sendi jempol kaki Anda untuk meregang, makin membesar, dan menonjol keluar.

Selain itu, dikutip dari Medical Daily, tim peneliti dari University of North Carolina menyatakan bahwa bahaya menggunakan sepatu hak tinggi sering menimbulkan dampak pada kaki, pergelangan kaki, dan punggung. Awalnya, penggunaan heels ini bisa memperkuat kaki, namun lama-lama malah bisa membuat jalan jadi tidak stabil dan melemahnya otot kaki.

Baca juga : model sepatu wanita terbaru

Selain itu, dikutip dari Medical Daily, tim peneliti dari University of North Carolina menyatakan bahwa bahaya menggunakan sepatu hak tinggi sering menimbulkan dampak pada kaki, pergelangan kaki, dan punggung. Awalnya, penggunaan heels ini bisa memperkuat kaki, namun lama-lama malah bisa membuat jalan jadi tidak stabil dan melemahnya otot kaki.

Tricia Turner, dosen dari College of Health and Human Services di UNC Charlotte mengatakan bahwa pakai sepatu hak tinggi jenis stiletto bisa menyebabkan cedera pada jari dan pergelangan kaki, yang mana akan merambat ke bagian tubuh lain. Bagian punggung bawah, otot betis dan postur tubuh yang berubah juga bisa menjadi dampak pakai pakai high heels yang harus diketahui para wanita.

Inilah tips agar nyaman memakai high heels, tapi tidak bikin kaki sakit dan lecet. Simak sebagai berikut :

  • Pastikan ukuran heels pas di kaki

Berdasarkan hasil temuan prodiatrist atau ahli penyakit kaki, rasa sakit yang timbul saat atau setelah memakai high heels disebabkan oleh ukuran sepatu yang salah. Perlu diketahui bahwa ukuran kaki kerap berubah seiring bertambahnya usia. Pastikan ukuran lebar dan panjang sepatu tepat secara spesifik. Sepatu hak tinggi yang terlalu kecil akan menyebabkan rasa sakit di jari-jari kaki dan lengkungan telapak kaki.

  • Pakai thicker heels

Percaya atau tidak, semakin tebal tumit sepatu maka semakin baik. Tumit sepatu adalah satu-satunya penahan tubuh. Thicker heels atau tumit yang tebal lebih kuat untuk menahan tubuh. Jika kamu terus memakai stiletto atau tumit yang tipis maka akan semakin besar tekanan di tumit kaki. Tumit yang lebih lebar seperti wedges dan tumit chunky lainnya juga membuat kaki lebih mudah berjalan dan tidak akan memberikan banyak tekanan pada titik-titik tertentu di kaki saat berjalan.

  • Istirahat

Sesekali kamu perlu duduk, melepaskan sepatu, dan biarkan kaki beristirahat, terutama jika kamu sudah berdiri sepanjang hari. Melepas heels beberapa menit membantu mengistirahatkan kaki dan menghindari rasa sakit yang bakal menyerang. Manfaatkan waktu istirahat makan siang untuk melepas sepatu dan mengistirahatkan kaki itu.

  • Pakai high heels bertali

High heels yang dimaksud disini adalah sepatu yang ada ikatannya ke pergelangan kaki. High heels dengan tali sangat membantu menjaga kaki tetap aman di sepatu. Sehingga kaki tidak terlalu terbebani untuk menjaga posisi sehingga aman ketika dipakai berjalan.

  • Pakai in-sole dan cushion pad di dalam sepatu

Anda juga bisa menggunakan in-sole alias alas bagian belakang sepatu yang empuk untuk mengurangi dampak pegal atau nyeri pada bagian tumit kaki Anda.

Lalu untuk mengurangi rasa pegal pada bagian depan saat pakai sepatu hak tinggi, silakan gunakan cushion pad. Kedua alat tersebut berfungsi untuk meringankan beban kaki Anda saat berjinjit dan berjalan menggunakan heels.

  • Jangan pakai heels seharian

Usahakan untuk tidak menggunakan high heels sepanjang hari. Gunakan high heels di saat-saat tertentu saja dalam sehari. Misalnya gunakan saat hendak meeting, lalu saat di kantor saja dan tida kemana-mana coba ganti dengan alas kaki yang lebih nyaman, seperti sepatu olahraga atau bahkan sandal jika dibolehkan. Pakailah sepatu yang membuat Anda dapat menggerakkan badan Anda secara alami saat berjalan karena akan membuat kaki, tungkai, pinggang, dan punggung meregang.

  • Pilih heels atau hak yang sesuai

Untuk menunjang penampilan agar kaki terlihat jenjang atau tinggi badan jadi semampai (semeter lebih sampai), banyak orang yang rela memilih heels dengan tinggi 10 hingga 12 centimeter. Boleh-boleh saja pakai untuk tujuan tertentu, seperti ke pesta contohnya.

Namun untuk sehari-hari silakan pilih sepatu dengan heels pendek. Pilih tinggi hak sepatu sekitar 2 cm atau lebih pendek lagi, usahakan juga pilih ujung heels yang lebar, jangan yang terlalu runcing.

Hak yang tipis seperti pada sepatu hak tinggi stiletto dapat  membuat beban pada kaki, betis dan paha jadi makin berat. Jenis stiletto akan membuat Anda tidak nyaman sementara heels 7 cm atau lebih dapat memperpendek Achilles tendon.

Itulah tadi beberapa tips aman memakai sepatu dengan berhak tinggi. Semoga bermanfaat.