Cara Mudah Membuat Sepatu Tetap Wangi

Cara Mudah Membuat Sepatu Tetap Wangi – Menggunakan sepatu seharian kadang menimbulkan bau tak sedap pada alas kaki Anda. Repotnya, saat berkunjung ke rumah kerabat yang mengharuskan Anda melepaskan alas kaki. Jangan sampai bau tak sedap mengganggu acara bertamu. Tak peduli alas kaki Anda berharga mahal atau murah, semua sepatu menyerap bau, apalagi jika ditambah kaki yang berkeringat. Oleh sebab itu, kita harus menjaga kebersihan sepatu setiap hari.

Udara yang panas dan lembab membuat tubuh menjadi lebih cepat berkeringat, termasuk di bagian kaki. Kaki yang berkeringat membuat sepatu menjadi ekstra bau. Menurut sebuah penelitian di Jepang, bakteri yang hidup di kulit kaki maupun di sepatu akan ‘memakan’ keringat Anda dan menghasilkan produksi asam yang berbau. Proses ini sebenarnya alami, namun Anda bisa mengurangi jumlah bakteri ini dengan menjaga kaki tetap kering.

  • Merendam dengan air garam

Menurut Al D’Angelantonio, podiatris (ahli bedah kaki dan pergelangan kaki) sekaligus asisten profesor bedah di Perelman School of Medicine, University of Pennsylvania, garam akan menyerap kelembaban kulit Anda dan mengurangi jumlah bakteri yang bertahan hidup di sana.

Siapkan air hangat dalam ember kemudian larutkan garam sebanyak seperempat hingga setengah cangkir. Rendam kaki selama 20 menit kemudian keringkan dengan handuk bersih. Lakukan ini setiap hari selama dua minggu.

  • Merendam kaki dengan cuka

Bila Anda ingin menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi bakteri, mandikan kaki Anda dengan cuka. Mirip seperti garam, cuka memiliki efek mengeringkan sehingga bakteri ‘kelaparan’ dan akhirnya mati. Campurkan satu bagian cuka dengan dua bagian air di dalam ember. Rendam kaki selama 30 menit, satu kali sehari selama seminggu.

  • Merendam kaki dengan teh

Teh bersifat asam dan akan membantu menutup pori-pori serta mengurangi jumlah produksi keringat. Teh juga dapat befungsi sebagai antibiotik alami untuk membunuh bakteri di kaki Anda.

Masukkan dua kantong teh hitam ke dalam 500 ml air kemudian didihkan selama 15 menit. Tambahkan 2 liter air dingin lalu tuangkan campuran ini ke dalam ember. Rendam kaki Anda selama 30 menit. Lakukan sekali sehari selama seminggu.

Cara menghilangkan bau tak sedap pada sepatu, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Cara yang pertama, anda bisa memanfaatkan kopi. Pasti baru dengarkan kenapa harus pakai kopi. Kopi yang biasa kita minum. Caranya gimana? Anda tinggal membungkus kopi dengan tissue. Gak usah terlalu banyak juga, ambil aja kopi secukupnya. Bungkusan kopi tersebut masukkan ke dalam sepatu dan diamkan sampe baunya hilang.
  2. Sepatu jika habis digunakan, sebaiknya anda menyimpan sepatu di tempat yang bersuhu dingin. Pertama-tama bungkus dulu sepatu serapat mungkin. Lalu, taruh di tempat yang dingin tadi. Selanjutnya diamkan semalaman. Hal ini dilakukan untuk menyerap bau yang timbul pada sepatu yang baru saja dipakai.
  3. Sebaiknya, anda tidak memakai sepatu saat kaki sedang dalam keadaan lembab atau basah. Jadi, pastikan dulu kaki dalam keadaan kering pada saat akan memakai sepatu. Karena kalau kaki sedang dalam keadaan lembab atau basah, biasanya akan semakin memudahkan bakteri berkembang dengan begitu cepat. Dan bakteri yang berkembang itulah yang bikin sepatu anda memiliki bau tak sedap. Baca Juga : 9 Merk dan Model Sepatu Lari Terbaik dan Harganya
  4. Terus, anda juga bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Caranya hampir sama dengan cara kopi tadi. Masukkan baking soda ke dalam sepatu, lalu diamkan semalaman. Dijamin bau tersebut hilang ketika keesokan paginya sepatu tersebut akan anda pakai.
  5. Kaos kaki juga ternyata bepengaruh besar pada bau tak sedap pada sepatu. Kalau kaos kakimu bau otomatis kaki dan sepatu juga ikut berbau. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencuci kaos kaki dengan produk yang mengandung bahan desinfektan. Bahan tersebut mampu menghilangkan bau pada kaos kaki yang anda pakai. Pastikan juga anda memakai kaos kaki yang bersih setiap harinya.
  6. Pernah tidak, anda kehujanan saat pulang dari beraktivitas sehingga membuat sepatu anda basah?. Nah, jika sepatu anda kehujanan atau kena air, sepatu tersebut wajib dijemur di tempat yang terbuka atau di daerah yang ada panas mataharinya. Lalu biarkan sepatu tersebut dalam keadaan terbuka. Soalnya jika sepatu basah, bau tak sedap tersebut bisa langsung muncul dan bikin kaki ikut bau. Kalau kaki kita bau, akan membuat percaya diri hilang.
  7. Selain memakai kopi dan baking soda, anda juga bisa menghilangkan bau tak sedap tersebut dengan alkohol. Masukkan sedikit alkohol ke dalam sepatu dan seperti biasa diamkan semalaman sampe baunya hilang.
  8. Ada lagi cara yang lebih mudah digunakan. Setiap habis dipakai, buka tali sepatu dan buka sepatu lalu jemur di tempat yang terbuka. Angin akan menghilangkan bau tak sedap pada sepatu dan menghilangkan bau keringat yang muncul dari kaki. Selain itu, kalau sepatu ditaruh di tempat terbuka seperti itu sepatu akan terasa nyaman saat dipakai kembali.
  9. Kini sudah banyak dijual pewangi sepatu yang disemprotkan ke dalam sepatu. Anda bisa menyemprotkan pewangi sepatu tersebut ke dalam sepatu. Tapi jangan lupa untuk membiarkan sepatu dalam keadaan terbuka sehingga bau sepatu juga akan terbawa angin. Jadi kalau  sudah disemprot memakai foot spray jangan langsung dipake ya. Biarkan dulu angin yang membawa bau sepatu pergi.
  10. Sebaiknya anda pilih sepatu yang terdapat sol di dalamnya. Sol ini bisa dibuka dan dikeluarkan dari dalam sepatu. Soalnya kalau pake sepatu yang ada solnya itu, sepatu akan lebih mudah dibersihkan. Solnya pun bisa dipakai kembali.
  11. Ada yang sering anda lupakan yaitu mencuci sepatu. Mencuci sepatu juga wajib dilakukan. Jangan nunggu sampe sepatu kotor. Sepatu wajib dicuci minimal seminggu sekali aja. Kalau sepatunya dibersihkan maka anda memakainya akan tampil lebih percaya diri. Tentu saja nyaman dan bebas bau.
  12. Menjempur atau mengangin-anginkan sepatu memang akan menghilangkan bau tak sedap pada sepatu tersebut. Tapi ingat jangan menjemur di bawah sinar matahari langsung. Anda bisa menjemurnya di tempat terbuka atau di tempat yang ada sinar mataharinya, tapi jangan di bawah sinar matahari langsung. Karena sinar matahari bisa membuat sepatu cepat rusak atau warnanya cepat pudar.
  13. Selain kaki harus dalam keadaan kering saat akan memakai sepatu, pastikan juga kakimu bersih dan wangi. Anda bisa memakai pelembab khusus kaki, hal ini akan membuat kaki  bebas dari keringat dan lembab saat memakai sepatu. Kalau kaki tidak keringetan dan gak lembab otomatis donk sepatu juga bebas dari bau.

Seperti itulah cara mudah membuat sepatu tetap wangi. Semoga bermanfaat.