Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Saat Pandemi

Tumbuh Kembang Anak

Di masa-masa pandemi seperti ini, banyak sekali orang tua yang merasa khawatir dan cemas akan tumbuh kembang anak karena ruang eksplorasi akan dibatasi demi mencegah penyebaran virus Covid 19. Padahal anak-anak akan mengalami masa yang disebut dengan golden age pada usia 1000 hari pertama hingga berusia 2 tahun dimana pertumbuhan otak akan berkembang dengan sangat pesat. Karena ruang eksplorasi akan dibatasi dalam jangka waktu yang sangat lama, banyak sekali orang tua yang kemudian bingung bagaimana caranya agar tumbuh kembang buah hatinya dapat berjalan secara optimal.

Meskipun kegiatan yang anda lakukan saat ini hanya bisa dilakukan dirumah saja, anda tidak perlu khawatir. Anda tetap bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil dengan cara memberikan stimulasi sesuai dengan usianya. Ahli tumbuh kembang anak, Prof. Soedjatmiko menekankan 3 hal utaa yang bisa anda lakukan untuk mendukung tumbuh kembang si kecil yang masih berada di masa toddler yaitu berusia 1 hingga 3 tahun dan usia prasekolah yaitu berusia 3 hingga 5 tahun saat sedang di masa pandemi Covid 19 ini. Tiga hal tersebut adalah pemenuhan nutrisi, stimulasi, dan upaya untuk mencegah penyakit pada anak.

Tips Yang Bisa Anda Praktikkan Untuk Menjaga Tumbuh Kembang Anak Saat Dirumah Saja

Agar dapat mendukung tumbuh kembang si kecil seperti yang sudah dikatakan oleh Prof. Soedjatmiko, anda bisa melakukan beberapa tips dibawah ini :

1. Membuat jadwal makan dan gizi

Agar tubuh si kecil tetap terjaga di saat pandemi Covid 19 ini, anda bisa membuat jadwal makan dengan memenuhi asupan gizi yang seimbang. Dengan memberikan makanan yang bergizi dan menghindari makanan dari luar merupakan keputusan yang bijak. Anda dapat memastikan jika makanan yang akan di konsumsi oleh si kecil bersih dan layak karena anda sendiri yang membuatnya. Saat ini ada banyak sekali resep-resep makanan bergizi untuk si kecil sesuai dengan usianya yang bisa anda dapatkan dengan mudah secara online. Selain akan bermanfaat untuk si kecil, hal ini juga akan menambah kemampuan dan wawasan anda sebagai orang tua.

2. Vitamin

Selain memberikan asupan makanan yang bergizi dan kaya akan nutrisi, untuk menunjang kesehatan tubuh anak agar selalu kuat dan sehat anda memerlukan vitamin. Vitamin akan membuat metabolisme anak semakin bertambah sehingga tidak mudah terserang penyakit. Saat ini sudah banyak vitamin yang aman untuk dikonsumsi oleh si kecil seperti suplemen buah dan sayur, atau minyak ikan. Anda juga bisa memberikan buah-buahan sebagai camilan harian untuk menambah asupan vitamin secara alami.

3. Lakukan aktivitas yang seru di dalam rumah

Pandemi Covid 19 yang mewajibkan untuk tetap dirumah saja memang akan membuat setiap orang merasa bosan, terlebih lagi anak-anak yang masih sangat aktif. Namun demi keamanan si kecil, mau tidak mau anda harus tetap menjaganya untuk selalu berada dirumah agar terhindar dari penularan virus. Agar tidak bosan dan tetap aktif ketika dirumah, anda bisa melakukan hal-hal seru seperti melakukan aktifitas fisik bersama si kecil, Berikan kegiatan-kegiatan menarik selama dirumah saja seperti menanam tumbuhan, mewarnai, bersepeda di halaman, atau permainan-permainan lain yang akan menunjang tumbuh kembang si kecil.

4. Berjemur

Di saat pandemi Covid 19 ini, berjemur merupakan salah satu aktifitas yang sangat disarankan untuk dilakukan. Selain dapat menjaga metabolisme dan kesehatan tulang, berjemur juga dapat membunuh virus-virus beserta bakteri yang menyerang tubuh. Anda bisa melakukan kegiatan ini bersama si kecil sambil bermain permainan yang seru, cukup lakukan kegiatan ini selama 10 hingga 15 menit.