Trik Cepat Mengetahui Sepatu Asli atau KW

Trik Cepat Mengetahui Sepatu Asli atau KW -Produk original adalah jenis produk yang merupakan barang resmi dari pihak pembuatnya. Barang ini murni diproduksi, diseleksi, dan distandarisasi oleh sang produsen sendiri sehingga kualitas barang benar-benar terjaga dan tidak mengecewakan para pembelinya. Membeli produk original juga merupakan kebanggaan tersendiri, apalagi jika merek produk tersebut cukup terkenal di dunia.

Produk premium atau OEM adalah produk yang seringkali disamakan dengan KW, padahal ini  jelas berbeda. OEM sendiri singkatan dari Original Equipment Manufacturer. OEM merupakan produk yang memiliki kualitas sama dengan original. Perbedaannya adalah jika produk original diproduksi oleh pihak pembuatnya sendiri, produk OEM merupakan produk original pihak pembuat yang diproduksi produsen lain yang juga memiliki nama besar.

Sedangkan produk replika atau KW adalah sepatu yang memiliki kualitas yang baik, tapi soal bahan tak sama dengan yang asli. Sebutan KW sangat familiar di Indonesia, dan malah lebih laris daripada sepatu original dan premium. Mungkin dikarenakan dari segi harga produk KW yang sangat terjangkau kebanyakan masyarakat Indonesia. KW juga mempunyai beragam tingkatannya, lho. Tapi dengan banyaknya istilah dan tingkatan KW yang ada, setidaknya anda harus paham bahwa produk KW adalah bukan produk asli.

KW sendiri tak hanya memiliki satu tingkatan, namun beragam yang meliputi grade ori, super dan KW 1. “Umumnya, KW grade ori memiliki tingkat kemiripan 100 persen,” kata Marketing Communication Manager Vans Indonesia Michael Kienzy yang dijumpai Tempo pada acara Jakarta Sneaker Day pada 8 Februari 2019.

Lantas, bagaimana cara membedakan sepatu original dan KW? Hal pertama yang adalah dengan memegang sepatu tersebut. Umumnya, KW yang memiliki tingkat kemiripan tertinggi pun tidak akan dapat menirukan bahan dari sepatu asli. Hal tersebut dikaitkan dengan harga material. Harga yang jauh berbeda dapat menentukan kualitas bahannya. Sehingga, Anda dapat secara langsung membuktikan kalau sepatu tersebut KW dengan memegang bahannya.  Simak sebagai berikut mengetahui secara cepat sepatu asli atau kw :

  • Kode produk pada box sama seperti kode pada tag sepatu.

Cari tahu dulu apakah kotak sepatu sneaker itu original atau tidak. Perhatikan box jika nomor produk salah, salah mengeja kata, mewarnai tidak aktif atau bahkan label salah ditempatkan, seperti terpusat atau bengkok yang merupakan kecendrungan sepatu bukan Original. Sedangkan sepatu original pasti memiliki tag (biasanya berada di lidah sepatu bagian dalam, atau di dalam sepatu bagian samping) yang memberikan informasi kode sepatu dan ukuran sepatu tersebut. Untuk kode dan ukuran tersebut harus sesuai dengan informasi pada box sepatu. Apabila ditemukan perbedaan, hati-hati karena itu barang bukan original. Jadi pastikan lagi ketika membeli secara detail.

  • Kualitas jahitan sepatu

Perhatikan jahitan secara detail. Jika jahitan sepatu Replika biasa ditemukan cacat dan bahkan keluar. Sedangkan untuk kualitas pembuatan sepatu original sudah pasti berbeda dengan yang replika. Salah satu kualitas pembuatan yang dapat kita lihat pada bagian jahitan. Jahitan pada sepatu original lebih rapi dan lebih rapat dibandingkan dengan sepatu replika.

  • Perhatikan sol sepatu

Satu-satunya sol berwarna bersih bisa menjadi pertanda baik (jangan salah mengira ini). Jika sepatu itu datang dengan serat karbon, pastikan itu adalah desain dan tekstur yang tepat. Biasanya sol sepatu original terbuat dari busa yang bagus dan di bagian tempat kaki kita berpijak akan terbuat dari kain yang bahanya sangat halus. Insole pada sepatu original akan dibuat dengan sangat mendetail. 

  • Asal negeri sepatu di produksi

Di Indonesia sebagian penjual biasa memberikan keterangan original made in apa dan dari negara mana. Pada dasarnya patokan sebuah sepatu itu original atau bukan, tidak bisa kita lihat dari asal negeri pembuatanya.

Bahkan pembuatan sepatu yang original dan replika bisa berasal dari negeri yang sama, tapi pasti beda bahan, pabrik, dan quality control-nya. Contohnya untuk sepatu Nike dan Adidas yang diproduksi di berbagai negeri di seluruh dunia, seperti Indonesia, China, Vietnam, Kambodja, dll. Tetapi beda produksi negara juga beda kualitas.

  • Logo pada sepatu

Penempatan logo, apakah mereka bengkok? Karena untuk sepatu Original, logo dipastikan sangat rapi.

  • Reputasi penjual sepatu

Satu cara pasti untuk menghindari barang palsu adalah membeli dari dealer resmi. Bisa dikatakan jika ingin membeli sepatu yang telah habis terjual selama bertahun-tahun, pastikan toko online diverifikasi dengan rekam jejak yang baik. Carilah toko atau penjual sepatu yang memiliki reputasi baik dan berani menjamin sepatu yang kalian beli original.

  • Harga sepatu

Sepatu original memiliki harga yang relatif lebih mahal dan setiap model memiliki harga yang bervariasi. Berbeda dengan sepatu replika yang biasanya penjual sepatu Replika memukul rata harga setiap model sepatu. Tergantung tingkat kualitasnya.

  • Bentuk dan bahan sepatu

Bentuk sepatu high value ori memiliki bentuk yang simentris dan tentunya dijamin rapi 100%. Penggunaan bahan sepatu akan sama dengan di daftar list box sepatu. Sepatu branded asli jelas akan rapi tanpa cacat di dalamnya. Tapi anda tetep kudu waspada. Soalnya barang branded imitasi buatan Cina itu mirip sekali dengan aslinya.

  • Ukuran sepatu

Biasanya orang ketika membeli sepatu sudah mengatahui ukuran pasti sepatunya dulu. Perusahan sepatu branded asli biasanya membuat standar ukuran sepatu sesuai dengan nomornya. Jika ukuran nomor sepatu tidak sesuai dengan kakimu. Itu jelas-jelas sepatunya palsu. Mendingan tinggalin aja daripada buang-buang tenaga dan waktu. Karena sepatu palsu tidak memiliki standarisasi produk. Sehingga ukurannya pun tidak tepat akurasi.

Itulah gambaran secara umum. Cara untuk membedakan sepatu branded ori dan palsu di pasaran. Semoga kalian semua yang hendak membeli sepatu branded asli tidak bingung lagi membedakan mana yang ori dan imitasi. Semoga anda lebih teliti juga ya saat membeli.